Get me outta here!

Selasa, 23 Agustus 2016

Jawaban Sejarah

Assalamualaikum ya Akhi ya Ukhti.......
Kali ini mimin akan memberi sedikit informasi mengenai jawaban sejarah.
1. Jelaskan Pengertian Dari:


a.       Persatuan dan kesatuan?
Jawab : Berdasarkan istilah persatuan dan kesatuan sendiri berasal dari kata satu yang berarti utuh atau tidak terpecah-belah. Persatuan dapat diartikan sebagai perkumpulan dari berbagai komponen yang membentuk menjadi satu. Sedangkan Kesatuan merupakan hasil perkumpulan tersebut yang telah menjadi satu dan utuh. Sehingga kesatuan erat hubungannya dengan keutuhan. Dengan demikian  persatuan dan kesatuan mengandung arti bersatunya macam-macam corak yang beraneka ragam menjadi satu kebulatan yang utuh dan serasi.
b.      Rela berkorban dan tanpa pamrih?
Jawab : Menurut istilah, rela berkorban berarti bersedia dengan ikhlas melakukan apapun untuk membahagiakan atau memenuhi kebutuhan orang lain dan tidak mengharapkan imbalan apapun di dunia sekalipun menimbulkan kerugian atau penderitaan bagi dirinya tanpa meminta imbalan.
      Sikap rela berkorban juga ditunjukan oleh para pahlawan kita yang dengan ikhlas bertaruh nyawa demi kemerdekaan Indonesia. Mereka tidak takut mati asal negara bebas dari penjajahan, mendahulukan kepentingan umum (negara) dari kepentingan pribadi. Sikap rela berkorban adalah sikap yang mencerminkan adanya keikhlasan dalam memberikan sesuatu yang dimiliki untuk orang lain, meskipun akan menimbulkan rasa ketidaknyamanan atau kerugian pada diri sendiri. 
c.       Cinta pada tanah air?
Jawab : Cinta tanah air adalah perasaan yang timbul dari dalam hati sanubari seorang warga Negara, untuk mengabdi, memelihara, membela, melindungi tanah airnya dari segala ancaman dan gangguan. Definisi lain mengatakan bahwa Rasa cinta tanah air adalah rasa kebanggaan, rasa memiliki, rasa menghargai, rasa menghormati dan loyalitas yang dimiliki oleh setiap individu pada negara tempat ia tinggal yang tercermin dari perilaku membela tanah airnya, menjaga dan melindungi tanah airnya, rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negaranya, mencintai adat atau budaya yang ada dinegaranya dengan melestarikannya dan melestarikan alam dan lingkungan.
d.      Saling pengertian dan harga menghargai?
Jawab : Saling menghargai adalah sikap toleransi antar umat manusia, menerima perbedaan antara setiap manusia sebagai hal yang wajar, dan tidak melanggar hak asasi manusia lain. Ya, sikap yang sangat teramat mudah untuk diterapkan –kebanyakan orang akan berpikiran seperti itu. Saling menghargai adalah suatu sikap damai dimana kita bisa memberikan space kepada orang lain agar menjadi dirinya sendiri, menganggap seseorang itu sama dengan yang lain. 
Sikap menghargai orang lain merupakan nilai manusia yang terbaik di dunia, tak ternilai harganya. Dimanapun dan kemanapun kita bepergian, jika kita selalu bersikap menghormati dan menghargai orang lain, maka hati orang lain akan terbuka dan akan berbalik menghoramati kita.

2.      Mengapa pada mulanya rakyat Indonesia menyambut baik kedatangan Jepang? Jelaskan!
Jawab : Pada awalnya, kedatangan pasukan Jepang disambut dengan hangat oleh bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia menyambut baik kedatangan balatentara Jepang dengan perasaan senang, perasaan gembira karena menganggap akan membebaskan bangsa Indonesia dari belenggu penjajahan bangsa Belanda. Namun dalam kenyataannya, Jepang tidak jauh berbeda dengan negara imperialis lainnya, seperti Jerman dan Italia. Jepang datang dengan tujuan untuk menanamkan kekuasaannya, untuk menjajah Indonesia.
Jepang telah secara resmi menguasai Indonesia sejak tanggal 8 Maret 1942, ketika Panglima Tertinggi Pemerintah Hindia Belanda menyerah tanpa syarat di Kalijati, Bandung Jawa Barat. Jepang tanpa banyak menemui perlawanan yang berarti berhasil menduduki Indonesia. Setelah menduduki Indonesia Jepang mengambil berbagai kebijakan.

3.      Apakah Indonesia diuntungkan atau dirugikan dengan adanya pendudukan Jepang? Jelaskan!
Jawab : Jelas untuk jawaban dari apakah Indonesia di utungka atau dirugikan pada masa pendudukan Jepang memang Jelas di rugikan. Namun dari pemerintahan Jepang ada membawa dampak positif atau keuntungan yaitu Indonesia belajar mengenai sistem pemerintahan dan juga cara berorganisasi.

4.      Mengapa pada saat Jepang menyerah kepada Sekutu, di Indonesia disebut sebagai mengalami vacuum of power?
jawab : Vacum of Power yang di maksud pada saat pemerinta Jepang menyerah kepada sekutu adalah pada saat itu Indonesia tidak sedang mengalami dijajah oleh bangsa asing. Jadi bisa dikatakan kekosongan kekuasaan ada pada Indonesia saat itu.

5.      Bagaimana kondisi awal Negara Indonesia merdeka? Jelaskan alasanmu!
Keadaan ekonomi Indonesia pada akhir kekuasaan Jepang dan pada awal berdirinya Republik Indonesia sangat kacau dan sulit. Latar belakang keadaan yang kacau tersebut disebabkan karena :
       Indonesia yang baru saja merdeka belum memiliki pemerintahan yang baik, dimana belum ada pejabat khusus yang bertugas untuk menangani perekonomian Indonesia.
       Sebagai negara baru Indonesia belum mempunyai pola dan cara untuk mengatur ekonomi keuangan yang mantap.
       Tingalan pemerintah pendudukan Jepang dimana ekonomi saat pendudukan Jepang memang sudah buruk akibat pengeluaran pembiayaan perang Jepang. Membuat pemerintah baru Indonesia agak sulit untuk bangkit dari keterpurukan.
       Kondisi keamanan dalam negeri sendiri tidak stabil akibat sering terjadinya pergantian kabinet, dimana hal tersebut mendukung ketidakstabilan ekonomi.
       Politik keuangan yang berlaku di Indonesia dibuat di negara Belanda guna menekan pertumbuhan ekonomi Indonesia bahkan untuk menghancurkan ekonomi nasional.
       Belanda masih tetap tidak mau mengakui kemerdeaan Indonesia dan masih terus melakukan pergolakan politik yang menghambat langkah kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi.

6.      Bagaimana pandangan kamu tentang tokoh Sudirman yang memilih meninggalkan istana untuk kemudian memimpin perang gerilya, jelaskan secara kritis!
7.      Panglima Besar Jendral Sudirman beserta tentaranya melakukan perang gerilya sebagai bentuk perlawanan terhadap Belanda. Apakah kamu sepakat dengan tindakan yang dilakukan Sudirman? Jelaskan alasanmu!
Jawab :  Saya sependapat karena pasukan Belanda cukup banyak dan pada waktu itu dibutuhkan strategi-strategi khusus untuk melawan Belanda.

8.      Tuliskan biografi singkat dua tokoh yang paling berkesan di masa kemerdekaan dan perjuangan mempertahankan kemerdekaan!
9.      Terjadinya Perundingan Renville menimbulkan perbedaan pendapat para tokoh bangsa Indonesia. Jelaskan alasan para tokoh yang menentang hasil perundingan Renville!
Jawab : Perjanjian Renville di tolak karena wilayah Republik Indonesia semakin sempit karena di ambil alih garis demarkasi Van Mook. Lalu ada beberapa anggota TNI yang di kuasai oleh Belanda. Karena itulah isi perjanjian Renville mendapat tetangan.

10.  Pada tanggal 1 Juli 1947 Belanda melakukan Agresi Militer I. Jelaskan latar belakang dan dampak terjadinya Agresi Militer Belanda I!
Jawab : Agresi militer Belanda I diawali oleh perselisihan Indonesia dan Belanda akibat perbedaan penafsiran terhadap ketentuan hasil Perundingan Linggarjati. Pihak Belanda cenderung menempatkan Indonesia sebagai negara persekmakmuran dengan Belanda sebagai negara induk. Sebaliknya, pihak Indonesia tetap teguh mempertahankan kedaulatannya, lepas dari Belanda.

11.  Apa saja tujuan dari diadakannya Konferensi Meja Bundar?
Jawab : - Meredam segala bentuk kekerasan yang dilakukan oleh Belanda yang berujung kegagalan pada pihak Belanda
- KMB adalah sebuah titik terang bagi bangsa Indonesia untuk memperoleh pengakuan kedaulatan dari Belanda.
- Menyelesaikan sengketa antara Indonesia-Belanda,dan berusaha menjadi negara yang merdeka dari para penjajah.
Untuk mengakhiri perselisihan Indonesia — Belanda dengan jalan melaksanakan perjanjian-perjanjian yang telah diadakan antara Republik Indonesia dengan Belanda, terutama mengenai pembentukan Negara Serikat”

12.  Apa peran dan posisi KNIP dalam struktur ketatanegaraan Indonesia pada awal kemerdekaan?
Jawab : Peran dan posisi KNIP dalam struktur ketatanegaraan Indonesia pada awal kemerdekaan adalah untuk membantu tugas presiden sementara waktu sebelum sistem pemerintahan Indonesia di bentuk

13.  Jelaskan, mengapa perlu partai politik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia!
Jawab : Karena bagaimana pun partai politik memiliki pengaruh yang cukup besar bagi suatu bangsa terutama Indonesia dalam hal kehidupan berbangsa dan  bernegara.
dalam definisi menurut UU No. 2 Tahun 2011 terlihat bahwa partai politik mempunya fungsi dalam ketatanegaraan Republik Indonesia. Dari fungsi-fungsi partai politik ini secara normatif maka akan terlihat apa tugas pokok  dari partai politik tersebut. Sehingga kita mampu dalam menganalisis sampai sejauh mana peran atau eksistensi parati politik dalam ketatanegaraan Republik Indonesia.

14.  Rumuskan nilai-nilai kejuangan yang berkaitan dengan peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 1945!
Jawab : Nilai-nilai kejuangan yang terkandung dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan ‘adalah sebagai berikut :1. Nilai kejuangan relegius (iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa).
2. Nilai kejuangan rela dan ikhlas berkorban.
3. Nilai kejuangan tidak mengenal menyerah.
4. Nilai kejuangan harga diri.
5. Nilai kejuangan percaya diri.
6. Nilai kejuangan pantang mundur.
7. Nilai kejuangan patriotisme.
8. Nilai kejuangan heroisme.
9. Nilai kejuangan rasa senasib dan sepenanggungan.
10. Nilai kejuangan rasa setia kawan.
11. Nilai kejuangan nasionalisme dan cinta tahah air
12. Nilai kejuangan persatuan dan kesatuan.

15.  Bagaimana penilaian kamu tentang adanya Janji Kaiso, tentang kemerdekaan Indonesia?
Jawab : Menurut pendapat saya mengenai perjanjian Kaiso yang memberikan kemerdekaan bagi Indonesia itu hanyalah sebuah janji saja dan tentu pada saat itu pasti membuat bangsa Indonesia senang , akan tetapi janji hanyalah sebuah janji :) Janji itu di buat agar rakyat Indonesia tidak menuntut macam-macam dan Jepang juga sedang dalam saat-saat yang mendesak hingga membuat janji tersebut

16.  Sebutkan siapa saja tokoh penting yang berperan di berbagai peristiwa Proklamasi?
Jawab : Berikut ini adalah daftar orang yang memiliki peran serta dalam mempersiapkan pelaksanaan proklamasi pada 17 agustus 1945 jam 10.00 wib di jl. pegangsaan timur no.56 jakarta. Berikut ini adalah nama tokoh tersebut beserta aktivitasnya pada waktu itu yaitu :
1. Soekarno dan M. Hatta
Kedua tokoh pahlawan Negara Indonesia itu merumuskan naskah proklamasi bersama dengan Soebardjo. Sukarno dan Bung Karno diangkat sebagai Presiden Republik Indonesia dan M.Hatta sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia pertama.
2. Sayuti Melik
Beliau adalah tokoh yang mengetik naskah teks proklamasi setelah disempurnakan dari naskah tulisan tangan asli.
3. Sukarni
Sukarni adalah tokoh pemuda yang sebelumnya pernah memimpin asrama angkatan baru yang berlokasi di menteng raya 31.
4. B.M. Diah
Beliau merupakan tokoh yang berperan sebagai wartawan dalam menyiarkan kabar berita Indonesia Merdeka ke seluruh penjuru tanah air.
5. Latif Hendraningrat, S. Suhud dan Tri Murti
Mereka berperan penting dalam pengibaran bendera merah putih pada acara proklamasi 17-08-1945. Tri Murti sebagai petugas pengibar pemegang baki bendera merah putih.
6. Frans S. Mendur
Beliau seorang wartawan yang menjadi perekam sejarah melalui gambar-gambar hasil bidikannya pada peristiwa-peristiwa perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia bersama kawan-kawannya di Ipphos (Indonesia Press Photo Service).
7. Syahrudin
Adalah seorang telegraphis pada kantor berita Jepang yang mengabarkan berita proklamasi kemerdekaan Negara Indonesia ke seluruh dunia secara sembunyi-sembunyi ketika personil jepang istirahat pada tanggal 17 agustus 1945 jam 4 sore.
8. Soewirjo
Beliau adalah walikota Jakarta Raya yang mengusahakan kegiatan upacara proklamasi dan pembacaan proklamasi berjalan aman dan lancar.

17.  Pada masa awal kemerdekaan, sistem kabinet apa yang berlaku di Indonesia? Jelaskan alasan kamu!
Jawab : Pada masa awal kemerdekaan sistem cabinet yang digunakan adalah cabinet presidensial karena semua hal dan lainnya dipertanggung jawabkan pada presiden.

18.  Jelaskan secara singkat bagaimana latar belakang, proses, dan dampak terjadinya pertempuran Surabaya!
Jawab : Pertempuran surabaya dilatar belakangi oleh kemarahan pihak belanda yang memberikan sebuah ultimatum kepada rakyat indonesia a rakyat indonesia tidak mau menyerah begitu saja. lalu dampak dari terjadinya pertempuran surabaya tewas nya jend. wallaby yang membuat orang belanda tambah marah dan akibatnya terjadi pertempuran yang sangat fatal pertumpahan darah di jembatan merah

19.  Jelaskan apa yang dimaksud dengan Romusa?
Jawab : Romusha (労務者 rōmusha: "buruh", "pekerja") adalah panggilan bagi orang-orang Indonesia yang dipekerjakan secara paksa pada masa penjajahan Jepang di Indonesia dari tahun 1942 hingga 1945. Kebanyakan romusha adalah petani, dan sejak Oktober 1943 pihak Jepang mewajibkan para petani menjadi romusha.[1] Mereka dikirim untuk bekerja di berbagai tempat di Indonesia serta Asia Tenggara. Jumlah orang-orang yang menjadi romusha tidak diketahui pasti - perkiraan yang ada bervariasi dari 4 hingga 10 juta.

20.  Sebutkan organisasi apa saja yang ada di zaman pendudukan Jepang?
Jawab :
Pada masa kedudukan Jepang, Indonesia dilarang untung membuat organisasi. Sehingga Jepang membuat organisasi sebagai berikut:
A. Gerakan A3
B. PUTERA
C. Jawa Hokokai
D. Chou Sang In
Organisasi Semi militer Jepag sangatlah kuat. Oraganisasi ini telah bisa memusnakan Sekutu di Indonesia. Kekuatannya lebih besar dari pada Belanda sehingga mudah sekali untuk merebut dari tangan Sekutu. Berikut adalah organisasi semi militer Jepang.
A. Seinendan (Barisan pemuda)
B. Keibodan (Barisan Pembantu Polisi)
C. Syuisyitai (Barisan Pelopor)
D. Funjikai ( Barisan Wanita )
E. Hizbullah
Organisasi semi militer hanyalah sebgai cadangan bagi Jepang. Pada intinya, mereka membuat organisasi militer resmi, sebagai berikut:
A. Heiho
B. PETA



0 komentar:

Posting Komentar